Home > Desain > Pengalaman belajar Blender 3D Modeling + Latihan Pembuatan Meja

Pengalaman belajar Blender 3D Modeling + Latihan Pembuatan Meja

Pada hari senin 23 July 2012,, saya mendapatkan materi seputar blender 3D Modeling. pada hari itu, saya mendapatkan materi seputar pembuatan modeling dan objek seperti meja, kursi, dll serta materi texturing (pewarnaan dan penggambaran).

Sebelum memulai latihan hari ini, marilah download terlebih dahulu software blender disini

Untuk latihan pertama, kita akan mebuat satu buah Meja 3D . berikut merupakan gambarannya :

berikut merupakan langkah-langkah membuatnya :

  • Buka Software blender yang telah anda download. terdapat beberapa menu yang akan kita gunakan. dan ada beberapa shortcut menjalankan suatu fungsi misalnya untuk mengaktifkan fungsi rotate,gunakan (R). berikut merupakan tampilan utama dari blender :

  • Untuk membuat sebuah meja kita dapat menggunakan dasar objek kubus untuk mejanya dan untuk kaki nya dapat di extrude dari meja. Tarik sebuah Cube ke area kerja seperti berikut :

  • buatlah objek kubus pipih seperti berikut

  • Tariklah kaki nya dengan fungsi Extrude (E)

  • Berikan warna meja dengan warna seperti berikut :

Setelah 3 hari saya mempelajari blender dari pengajar saya mr.alfan dan mr.purwanto, saya cukup minat dengan bidang ilmu desain 3D dikarenakan dengan mempelajari Animasi 3D, maka saya dapat membuat beberapa virtual reality dan simulasi berhubungan dengan bidang ilmu yang saya tekuni yaitu informatika kesehatan. misalnya membuat “simulasi Unit Gawat Darurat” atau “Sistem informasi Rumah Sakit beserta animasinya”. mudah-mudahan,amin

Categories: Desain
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

