Home > Artikel > New Experience and Hope in Outbound with ITB-Seamolec

New Experience and Hope in Outbound with ITB-Seamolec

every moment, when i was unhappy, my girlfriend said, “It’s not about you and me, but it’s about where you are”..

Istilah itulah yang menggambarkan keadaan saya pada hari dimana outbound D4 ITB-Seamolec batch 6 dilaksanakan atau lebih tepatnya pada tanggal 12 dan 13 Juli 2012. sebelum menginjak hari menyenangkan itu, atau tepatnya hari selasa,14 juli 2012,adalah hari ‘galau’. bagaimana tidak, di hari itu registrasi terakhir mahasiswa D4 ITB – Seamolec, dan saya harus menyerahkan surat keterangan lulus, disaat itupun surat keterangan lulus sangat sulit didapat dari kampusku sebelumnya.. dan alhamdulilah, SKL itu dapat keluar..

hari rabu tanggal 11 Juli 2012, adalah pembukaan program alih jenis D3 ke D4 Institut Teknologi Bandung (ITB).. dan saya masuk ke jurusan Teknik Informatika Kesehatan. pada hari itu dijelaskan berbagai administrasi, persyaratan dan pelaksanaan outbound dan matrikulasi sebelum kuliah di ITB..di hari itu perasaan galau pun masih muncul, antara pergi ke tempat outbound(kantor Seamolec di UT pondok cabe) sore hari atau besok.. dikarenakan adanya janji yang harus ditepati pada sore itu. akhirnya setelah mempertimbangkan berbagai hal, saya memutuskan untuk pergi ke tangerang pada hari Kamis.

Pada hari kamis tanggal 12 Juli 2012, saya pergi dari Bandung menuju Tangerang pada pukul 6.00 ditemani kedua orangtua. rencana awal yang asalnya ingin naik bis tidak terlaksana, dikarenakan saya belum mendapatkan Boarding House dan barang-barang masih di Bandung.. sebelum tiba di tujuan di kampus UT, kami tersesat, sehingga perjalanan yang harusnya hanya berkisar 3 jam dari Bandung, kami lalui 5 jam. setibanya di Pondok cabe pada pukul 11.00, kedua orangtuaku dengan sabar menemaniku mencari kost disekitar kampus UT, akhirnya saya menemukan kost-kostan yang terbilang cukup murah di daerah pondok cabe..

Pada pukul 13.00 saya segera bergegas menuju kampus UT untuk melaksanakan pembukaan, sekaligus pamit dengan kedua orangtua yang setia menemani. i promise to myself, i can do it, i can independent living without my parents . setibanya di kampus UT, saya mendapatkan dan berkenalan dengan beberapa teman baru , diantaranya Fahrul, Dewa, Fikri, Mas Saiful, Mas Heru dll. kami menikmati masakan yang disediakan juru masak Seamolec dengan beberapa obrolan singkat. Setelah selesai makan, kami diperintahkan mas Timin(Staff IT Seamolec) untuk masuk ke dalam ruangan.. dan di dalam ruangan, terdapat beberapa pejabat Seamolec. Bapak-bapak bertubuh besar, dan berwajah asing datang untuk memberikan sambutan. Saya tidak mengira ternyata bapak itu bukan orang Indonesia, tapi dia dapat berbicara bahasa Indonesia dengan ‘tergolong lancar’. saya sangat kagum kepada beliau. He said, “i can speak more than 3 languages and He can speak ‘Indonesian’ and ‘russian’  so well”.

Setelah itu, Training pun dimulai. kami menerima materi dari bapak Dr.Stanley yang meskipun usianya nampak tua tapi semangat dan Totalitasnya dalam training ini sangat berkelas.saya sangat mengagumi pak stanley dengan petuah-petuah yang menggugah semangat saya untuk belajar dan belajar.Pada sore ini, kami dibagi kelompok, dan saya kebagian kelompok matahari. saya bersama rekan-rekan yang berjumlah 16 orang menikmati suasana kebersamaan dan keceriaan, meskipun mungkin kita lupa nama per orang satu dan lainnya,hehe. beberapa rekan saya yang saya hapal diantaranya, ketua kelompok matahari Mbak cici, intan, ria,herna,trisya,Mas heru, tulus, rendi, seno,alfan dll. Setelah melewati berbagai games, dan materi seputar Softskill dan video, saya sangat teringat dengan kata-kata pacar saya “It’s not about you and me, but it’s about where you are”.. jadi, meskipun saya pada waktu itu lagi sakit flu dan demam, tapi ketika saya menemukan lingkungan yang bagus dengan rekan-rekan yang luar biasa, maka semangatpun menjadi menggebu-gebu.

materi pada hari pertama ini sangat menarik untuk disimak, diantaranya kita belajar bagaimana caranya untuk mengatasi kekurangan kita, dan setiap manusia punya kekurangan, namun bagaimana kita dapat memanfaatkan kekurangan kita tersebut menjadi potensi yang dapat menjadi kelebihan dalam diri kita. dalam video yang diputar pak stanley, seputar sirkus dengan pemeran pria dengan tidak memiliki satu kaki dan pemeran wanita dengan tidak memiliki satu lengan, namun mereka dapat memerankan sirkus dengan baik dengan cara kerjasama. beberapa pelajaran yang dapat saya petik diantaranya :

  • kerjasama dalam tim untuk dapat mengerjakan suatu tugas tertentu
  • Setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan, kita tidak boleh sombong dengan kelebihan yang kita miliki, karena setiap kelebihan yang banyak, kita juga memiliki kekurangan
  • Jangan pantang menyerah dalam mengerjakan sutatu tugas

Setelah mendapatkan materi yang luar biasa dari pak stanley, kami mendapatkan tantangan berwirausaha teknologi (technopreneur) untuk menjual beberapa pulpen yang diberikan oleh mas faishal (staff seamolec). kami bergegas untuk berjualan dengan semangat meskipun hujan membasahi baju dan syal kami. kami memulai dari satu gedung ke gedung lain, dari satu jalan ke jalan lain, tanpa lelah, kami berusaha untuk menjaditechnopreneurdimulai dari berjualan pulpen. Alhamdulilah pembeli pertama kami memberikan kami uang sebesar Rp.50.000,- . kami memiliki strategi untuk mengundang minat pembeli dengan mengatakan “Selamat siang, kami mahasiswa ITB-Seamolec batch 6 kami disini sedang berusaha menjadi technopreneur yang hebat di masa depan dengan berjualan pulpen, mudah-mudahan bapak dapat membantu kami dengan membelinya. hasil dari penjualan pulpen ini akan kami sumbangkan di kemudian hari”.dan pembeli pun berdatangan sehingga kami berhasil mengumpulkan Rp.375.000.

Diantara beberapa pembeli yang kami temui, saya mendapatkan pengalaman yang luar biasa, ketika menjual pulpen ini kepada seorang yang kelihatannya biasa saja dari penampilan, ternyata setelah kita menawarkan barang kita ini, beliau lah yang memberikan nominal paling banyak diantara pembeli. Bapak paruh baya ini rela menukarkan uangnya untuk kami yang berjualan. sungguh bapak yang luar biasa.maknanya adalah “Jangan menilai orang dengan penampilan luarnya saja, namun kita harus melihat sisi lain dalam orang tersebut”.

Hari pertama ini sangat berkesan, namun kita harus sudahi sampai disini yaitu penutupan dengan api unggun. di dalam api unggun, bagaimana kita dituntut untuk dapat membakar habis semua sifat-sifat kurang baik yang dibawa oleh diri kita di tempat ini dengan simbolik pembakaran benda yang kita pegang ke api unggun. setelah itu, kami bermain beberapa games diantaranya game lingkaran ingatan.Pada pukul 10.30 saya bergegas kembali ke kost an untuk segera tidur dikarenakan besok harus berkumpul pada pukul 5.30

Pada hari Jum’at Tanggal 14 Juli 2012saya datang ke Seamolec tepat waktu pada pukul 5.30 dan pak stanley langsung memberikan instruksi untuk permainan yang akan kami jalani hari ini. Beliau menyampaikan bahwa setiap kelompok memiliki mahkota masing-masing yang berupa pengikat kepala sebagai tanda kekuasaan pada kelompok.Ikat kepala pun diikat di kepala ketua kami. Games pertama kelompok Matahari dimulai pada pukul 06.30 dengan nama games kalau tidak salah ‘pass trap’ yaitu games untuk melewati jaring dengan cara merunduk. jika mengenai jaring, maka kita harus mengulangi lagi hingga tidak mengenai jaring. kami mulai melakukan percobaan dengan diarahkan oleh ketua kelompok mbak cici. setelah beberapa anggota gagal, akhirnya beberapa teman berhasil melewati termasuk saya sendiri,hehe.. setelah games ini selesai, kami bergegas untuk memainkan games kedua yaitu spider waves. di games ini kami bahu membahu bekerjasama untuk menangkut teman kami melewati jaring laba-laba. dan kami berhasil melewatinya.

Makna yang tersirat dari kedua games yang telah kami mainkan diantaranya kami harus mengikuti arahan dan petunjuk yang diberikan oleh ketua, saling percaya instruksi ketua,  kedisiplinan, hati-hati dalam bekerja dan teliti.Setelah menyelesaikan dua games, kami berhasil mengambil ikat kepala milik kelompok lain oleh rendy, yang artinya tanda kekuasaan kelompok mereka telah direbut. Kami bergegas untuk memainkan games yang ketiga yaitu kalau tidak salah berjudul “remember pass trust”.pak stanley memberikan arahan harus menghapal kotak-kotak yang diarsir untuk kemudian dicontohkan melewati jalur-jalur sesuai kotak yang dihapalkan tersebut. Beberapa rekan-rekan telah berhasil melewatinya dengan cara menghapal, namun saya, dan ketiga rekan saya lupa jalan tersebut, and finally setelah mencoba beberapa kesempatan kami berhasil melewatinya.Makna yang tersirat dari games ini adalah, kita harus masuk ke ITB sebanyak 76 orang dan keluarpun atau pada saat wisuda harus 76 orang juga. Pak stanley pun bercerita, jika kita berprestasi di ITB, kita akan mendapatkan kesempatan kuliah S2 dengan mudah.. berkat beberapa ucapan beliau, saya jadi bersemangat untuk kuliah dan mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Games yang terakhir adalah games “bounce kelereng”, yaitu kita saling bekerjasama menciptakan jalur dari bambu untuk memasukan kelereng ke pipa. mungkin games ini cukup sulit, namun ibu eva(instruktur outbound) memberikan semangat yang luar biasa, dan  kami akhirnya memecahkan rekor selama outbound yang pernah ibu eva dkk lakukan, kelompok kamilah yang dapat memasukan kelereng hingga bambu penuh..yeee.. Makna yang tersirat dari games ini adalah, kita harus berada pada posisi kita masing-masing dalam pekerjaan, walaupun tidak enak posisi tersebut, dan kita harus bertanggung jawab pada posisi tersebut. makna lainnya adalah bahu membahu dalam menyelesaikan suatu tugas. Setelah berakhir games ini kami segera bergegas menuju ke danau untuk memainkan games berikutnya yaitu mengisi air untuk mendapatkan bola.

pada games ini, kami diinstruksikan oleh ketua untuk menutup lubang-lubang pipa, dan mengisi pipa tersebut dengan air hingga bola yang berada di dalam pipa keluar.setelah mengisi pipa dengan penuh, seno yang berada di paling atas pipa dengan gigihnya mengisikan air dan melemparkan ember kosong untuk meminta air. saya yang bertugas sebagai pengangkut air dari danau tidak dapat berbuat banyak, dikarenakan air yang belum mencapai atas. meskipun gagal, banyak makna yang tersirat di dalam games ini, diantaranya kita harus mengutamakan worktim dalam suatu perusahaan, tidak boleh egois, dan kerjakeras.setelah games ini selesai, ternyata masih ada dua games lagi yaitu mengisi air di ember dengan tali terlilit dan membuat garis panjang dengan barang bawaan kita.kedua permainan ini sangat seru dan berkesan, bagaimana tidak, kita semua berperan aktif dalam permainan ini, dan beberapa makna yang tersirat diantaranya kerjatim, keluar dari batasan pada diri kita, aktif, jangan pantang menyerah, dan semangat. Hari ini pun berakhir dengan gembira dan diakhiri dengan lagu dari pak stanley dengan diiringi nyanyian dari mahasiswa ITB-Seamolec,kemudian kami pulang ke kost an masing-masing untuk beristirahat.

sesampainya di kostan, sesuai dengan kalimat pak stanley bahwa kita semua beruntung dapat masuk ke ITB, dan saya pun berpikir saya beruntung dapat masuk ke ITB dan mendapatkan pengalaman dan harapan baru untuk dapat sukses di masa depan dimulai dengan hari ini.

every chance that i got it, i must have exploit it and try to be the best, include study in ITB, because it’s my dream and come true.

Gallery – Gallery (Photos by Kelompok matahari):

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Categories: Artikel
  1. July 14, 2012 at 2:32 pm

    Wah… ada aku di dalam foto…

  2. gatothp
    July 22, 2012 at 2:29 pm

    cerita yg baik , silahkan trus meulis dalam meningkatkan kemampuan memformulasikan apa yg anda akan kembangkan di masa yad..sukses ya..

    • July 23, 2012 at 12:52 am

      terima kasih banyak pak. tulisan bapak juga menginspirasi saya untuk terus menulis

  3. July 24, 2012 at 5:56 am

    wah sangat memotivasi sekali, selamat kang, sukses terus ..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s