Home > Pemprograman > Menerapkan interface di java dan android

Menerapkan interface di java dan android

Interface merupakan salah satu dari beberapa ciri pemrograman OOP (Object Oriented Programming). Interface hampir mirip dengan Class, namun, di interface anda hanya dapat membuat konstanta dan struktur method. berikut contoh konstanta dan struktur method :

public static final double PI = 3.14

public void luas(int a,int b);

Jika kita menggunakan interface, maka kita tidak akan bisa menginstance menjadi objek seperti halnya kelas, namun hanya dapat diterapkan (implements) saja atau diturunkan (extends) oleh interface lain.

Format Interface :

modifier interface nama_interface{

//deklarasi method atau struktur method

}

cara membuat nya pada android dan java (IDE Eclipse dan Netbeans):

kalik kanan pada nama package > new interface

Berikut contoh program java Desktop dan Android menggunakan interface

Buatlah 3 package (untuk java desktop):

* GUI –> form.java

* main –> Main.java

* kode –> hasil.java(interface-nya) dan setPanjang.java

Buatlah 1 package (Untuk Android)

* code –>interfacenya.java(interface-nya) dan kode.java

* main –> main.java

A. Java Desktop

File hasil.java (Interface-nya)

File setPanjang.java

B. Android

File main.xml

File main.java

File interfacenya.java

File kode.java

Output :

Keterangan :

* Implements –> Untuk inisialisasi dan menerapkan interface pada class.

* Interface hanya dapat menerapkan struktur method (tidak ada isi) dan beberapa konstanta untuk kemudian dapat kita manfaatkan di kelas lain

* untuk satu program memang belum terasa manfaatnya, jika program kita ada beribu fungsi maka solusi yang tepat adalah menggunakan pemrograman OOP agar kita hanya memanggil (kelas dan interface) sehingga program kita lebih effisien

Pertanyaan dapat langsung di sini atau tanya langsung pada saat praktikum* Semangat

wajib untuk tugas MI 4 A/B/Camp2 dan TI Java Camp1 dengan PJ saya, Tugas yang akan di presentasikan harus ada Interface dan Class berbeda seperti contoh diatas

Categories: Pemprograman Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s