Home > Artikel > Trik & Kiat sukses menghadapi Ujian beserta soal-soal SNMPTN,SMUP,USM dll

Trik & Kiat sukses menghadapi Ujian beserta soal-soal SNMPTN,SMUP,USM dll

gak kerasa iaa,, sudah tanggal 1 JuLi lagi,,bagi rekan-rekan yang baru LuLus dari SMA/SMK sederajat pasti sekarang udah sibuk bwt nyiapin dmna tempat kuLiah yang cocok,, .. termasuk gw,, yang masih ketar ketir mencari teMpat kuLiah.. hhe.. beberapa waktu yang lalu gw pernah testing di PTN dan PTS Bandung,, diantaranya di Polman Bandung & STT Telkom,, kaLau di STT alhamduLilah keterima tapi di Polman,, gagal pada test tahap 2(Psikotest).. tanggal 26 juLi ini,, gw juga mw test lewat JaLur SMUP Unpad, untuk memperebutkan 1 bangku kuliah d3 unpad..

sekadar sharing pengalaman aja ni yaa,,,Dari 2 tempat yang pernah gw kunjungi buat mengikuti test, yaitu STT TElkom & Polman bandung,, di tempat pertama, gw ikut test di STT Telkom, pada saat sehari sebelum mengikuti test, gw tidak sempat buat baca-baca buku untuk menghapal materi test,, diantara materi test yang diuji, yaitu matematika,fisika,Test potensi akademik dan B.Inggris.. tapi beberapa hari kebelakang gw udah baca-baca dan menghapal materi yang diujikan besoknya, test pun dimulai dan gw gugup ketika melihat orang yang daftar dan test mencapai ribuan orang,, wuihh… gw berpikir,, peluang gw tipis amat iaaa,, bersaing dengan rekan-rekan yang notabene dari SMA sedangkan gw cuMan dari SMK,, tp alhamduLiLah,, pas pengumuman dan lihat di website STT,, ada nama gw &keterima di sana..

hal ini berbanding terbalik dengan pas gw test di PoLman,, disini gw merasa PD dan yakin bisa nembus jurusan favourite di PoLman,, pas H-1 ujian malemnya gw begadang untuk menghapal materi psikotest dan kurang tidur.. tapi setelah melihat pengumuman di PoLman,, hasilnya gagal total,, gak ada nama gw dsana..

Dari 2 pengalaman pribadi gw diatas,, gw punya saran sebelum melakukan ujian:

  • sebaiknya jangan menghapal secara mendadak atau istilahnya SKS (sistem kebut semalam).. jadi usahakan menghapal materi dari jauh jauh hari sebelum test,,
  • Usahakan jangan begadang pas hari sebelum test,, karena begadang akan membuat tubuh kita lelah pas besok menjelang test,,optimalkan istirahat yang cukup sehingga membuat kita Fit untuk test pada besok hari nya
  • Siapkan peralatan buat ujian besok dan jangan mendadak pas hari h nya,, siapkan alat-alat tulis yang akan digunakan,papan dada,kartu ujian, atau contekan..hhe
  • Pada saat sebelum berangkat menuju test,, usahakan perut kita jangan kosong, isi perut kita dengan makanan yang bergizi agar kita bertenaga dalam menjalani test
  • Sebelum berangkat, jangan Lupa Minta doa dari orang tua,, usaha kita buat LuLus ujian, kurang lengkap tanpa doa..🙂
  • Pada saat pengerjaan soal, harus percaya diri dan optimis dapat mengerjakan,,
  • Kerjakan soal dengan teliti dan tidak tergesa-gesa namun cepat agar tidak kehabisan waktu
  • usahakan setelah selesai mengerjakan soal,, Periksa kembali data-data yang diisikan, no ujian, nama peserta dan jawaban yang diisi

Berikut ini materi-materi yang dapat kalian download sebagai bahan rekan-rekan dalam mengerjakan soal snmptn,smup dan usm

Soal & Pembahasan Bahasa Indonesia

Soal & Pembahasan Biologi

Soal & pembahasan Kimia

Soal & pembahasan Ekonomi

Soal & pembahasan IPS Terpadu

Soal & pembahasan Matematika IPA

Soal SMUP UNPAD

SOAL SMUP UNPAD 2008

SMUP UNPAD 2009

Itulah Link-Link soal persiapan buat Ujian, bagi yang akan me-request soal, silahkan request lewat comment di bawah ini

GOOD LUCK FOR THE EXAM,, WISH YOU PASS!!!

  1. Evan
    July 22, 2009 at 1:38 am

    kira2 materi fisika yang diujikan di usm polman bandung apa ya??
    kok soal & pembahasan fisika ga ada??
    boleh minta soal usm polman tahun kemarin gak?
    sangat2 butuh nih..tgl 26 besok ujian polman..
    tolong email ke evan.pasaribu@yahoo.com
    atau share di blog ini aja..
    thx…

  2. Evan
    July 23, 2009 at 2:39 am

    eh satu lagi, ujian tahap 2 polman tuh ngapain aja?

  3. beni andarsyah
    December 17, 2009 at 1:47 pm

    salam……..tolong kirimin ke e-mail saya kumpulan soal matematika

  4. nanda
    January 30, 2010 at 2:37 am

    punya soal soal simak ui ga ?

  5. heni
    February 3, 2010 at 9:41 am

    waduh deg”an ginii nih..gw pgn ikut smup moga keterima..

    thx buat link soal’y ya..

    • May 12, 2010 at 11:01 am

      moga keterimaa,,, jangan gugup

      • heni
        May 23, 2010 at 7:02 am

        iya mkasihh sarannya hhe..
        heni udah kterima lwat smup😀

  6. arif budiman
    April 23, 2011 at 3:53 am

    kang boleh minta soal-soal psikotes polman taun kemaren gak??? butuh saya ikut jalur pmp dan tinggal psikotes sama keshatannya kang… mohon bantuannya share di blog z kang atow k email saya makasih kang

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

