Home > Server > Konfigurasi FTP Server di Linux Slackware 12.1

Konfigurasi FTP Server di Linux Slackware 12.1

FTP (File Transfer Protocol) dari namanya jelas FTP merupakan protokol yang didesain untuk melakukan transfer file dalam jaringan. FTP menggunakan dua buah port dalam proses transfer dan download, yaitu port 20 (data port) dan 21 (command port). Namun, anda bisa saja mengganti data port dapat menggunakan port selain 20.Saat ini, banyak terdapat software yang dapat kita gunakan untuk membuat server FTP, misalnya :  VSFTPD, ALFTP, WSFTP, PureFTPd, G6 FTP, proftpd, FileZilla server, dan sebagainya. Keterangan mengenai kelebihan dan kekurangannya dapat anda cari melalui internet.User FTP dapat dibedakan menjadi dua, yaitu normal user dan anonymous. Normal user dapat berupa user pada server tersebut, atau user yang didefinisikan menggunakan LDAP, MySQL, dan sebagainya. Sementara, anonymous adalah user khusus bagi orang umum yang tidak memiliki user pada mesin/database yang digunakan tersebut. Biasanya, untuk user anonymous tersebut, orang membuat user baru bernama ‘ftp’ dengan privilege seminim mungkin, untuk keamanan.Berikut ini Konfigurasi FTP di Linux Slackware buatan gw:

  • Bukalah file konfigurasi FTP dengan cara vi  /etc/vsftpd.conf, Editlah file-file berikut ini:

write_enable=YES

dirmessage_enable=YES

nopriv_user=vsftpd

ftpd_banner="Welcome to Runx Bex Website."

local_enable=YES

local_umask=077

chroot_local_user=YES

anonymous_enable=NO

log_ftp_protocol=YES

xferlog_enable=YES

vsftpd_log_file=/var/log/vsftpd.log

connect_from_port_20=YES

pam_service_name=vsftpd

listen=YES

ssl_enable=NO

pasv_min_port=30000

pasv_max_port=30100

local_root=/home/$USER

user_sub_token=$USER

keterangan option:

write_enable digunakan untuk menjalankan perintah-perintah yang berhubungan filesystem.

dirmessage_enable: Jika diaktifkan maka akan menampilkan pesan setelah mengakses sebuah direktori

nopriv_user: untuk menetukan user yang tidak memiliki akses ke FTP Server

ftpd_banner=” Welcome to Runx Bex Website.” digunakan untuk menampilkan pesan selamat datang pada saat pertama kali login

local_enable: Jika diaktifkan, maka user dapat mengakses

local_umask:Digunakan untuk mengatur permisi dari satu file

chroot_local_user:Jika diaktifkan, user lokal

anonymous_enable=NO digunakan agar anonymous user tidak bisa login

local_root=/home/$USER digunakan untuk inisialisasi direktori user

  • Editlah file ftpusers dengan cara vi  /etc/ftpusers Rubah root menjadi #root
  • Test Koneksi FTP di client
  1. June 28, 2009 at 8:13 am

    hihi.. ga ngerti nih saya😀

  2. June 28, 2009 at 11:33 am

    sip,, coy…

  3. syd
    June 28, 2009 at 1:57 pm

    wah kayanya sudah jago ya soal linux,.

    salam kenal ya😀

    • June 28, 2009 at 2:41 pm

      hhe,, makasii,, iaa Lam kenall.. ntar sy kunjungan balik..

  4. June 28, 2009 at 2:21 pm

    artikelnya mantap… link sudah terpasang.. thanks, lam kenal.

    • June 28, 2009 at 2:44 pm

      Makasii mas arton,, rajin-rajin berkunjung & meninggalkan jejak,,hhe

  5. June 28, 2009 at 11:09 pm

    wah…jago linux ya…
    kalo aq bisanya cuman filezilla

  6. June 28, 2009 at 11:18 pm

    sipneh artikelnya buat nambah ilmu,,,

    Kedahsyatan Backlink Dengan Sistem MLM

  7. August 27, 2009 at 3:11 am

    salam slacker,, untuk ProFTPD

  8. December 18, 2009 at 7:05 am

    kalo direktorinya yang dishare harus masukan pasword gimana ,kamsudnya gini ..

    setiap folder sendiri2 harus ada paswordnya , ..

    /home/puput , home/alli , home/opolah

    soalalnya ketika saia masuk direktory puput , saia juga bisa masuk ke directory ali, jd bagaimana supaya saia bia masuk ke puput saja tp klo ke ali tidak bisa ..

  9. January 8, 2010 at 6:51 pm

    mantaBBB

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s