Home > Artikel IT > Bermain-main dengan registry windows di Regedit..

Bermain-main dengan registry windows di Regedit..

Registry dalam system operasi Windows merupakan jantungnya. Seperti manusia memiliki  jantung  sebagai  pusat  segala perputaran darah sehingga dapat disir-kulasikan ke seluruh tubuh. Begitu juga dengan registry yang ber-isi  semua informasi  dari  sistem Windows.  Semua  informasi  yang ada  merupakan  bagian  dari pengendali program aplikasi yang terinstal di Windows.Saat registry Anda rusak, maka rusaklah  sistem  Windows  Anda sehingga  pekerjaan biasa  yang sering dilakukan adalah meng-instalnya kembali dengan sistem yang baru tentunya.untuk itu,oleh karena itu, kita harus ber-hati-hati dalam peng-editan registry

Untuk dapat memanipulasi atau melakukan penyetingan registry, kita memerlukan Registry Editor. Dalam Windows telah disediakan editor standar yang dapat kita gunakan, yaitu REGEDIT. Langkah yang paling mudah untuk menjalankan Editor Registry (Regedit)  adalah  melalui  menu  Run. Berikut caranya:

1. Dari desktop/halaman depan Windows, Anda dapat mengklik menu Run yang ada di dalam Start Menu. Caranya, klik menu Start, Run. (windows + R)

2. Tuliskan pada kolom  Open dengan kata  REGEDIT atau regedit atau  ditulis lengkap dengan regedit.exe, kemudian klik ok.

Cara meletakan shortcut program pada menu “Start” di windows XP

Sebgai salah satu contoh dari manipulasi data di Regedit adalah “meletakan shortcut program pada menu Start”Anda pasti menginginkan kemudahan dalam meng-akses program yang telah anda install sebelumnya. Salah satunya adalah pada tombol “Start”. Pada keadaan default, hanya ada beberapa program saja yang dapat diakses melalui tombol start,seperti explorer atau search.Anda berpikir “bagaimana caranya menambahkan shortcut program pada saat anda klik kanan tombol start

Cara dan trik ini sangat mudah untuk dilakukan.Misalkan kita akan memasukan shortcut notepad pada menu start..Masuklah ke “HKEY_CLASSES_ROOT”|Directory|Shell”. Buatlah key baru dengan cara klik menu “edit|New|key “ dan namakan dengan Notepad. Klik key yang baru dibuat dan buatlah satu key lagi dengan cara yang sama serta berikan nama “command”.Perhatikan data yang paling kanan tersebut, terdapat bacaan “Value not Set”. Itu artinya program yang akan kita buat belum ada letak direktori-nya. Klik double pada default dan masukan letak direktori-nya.Ketikan secara lengkap path atau direktori notepad (C:\Windows\System32\Notepad.exe). klik ok dan tutup Registry editor.Kita coba klik kanan pada start. Lalu yang terjadi…….. program kita telah ada di tombol start….

Categories: Artikel IT Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s