Home > Pemprograman > (Sharing)Belajar Bahasa C++ Untuk Pemula (Bagian 4)

(Sharing)Belajar Bahasa C++ Untuk Pemula (Bagian 4)

Pada Bab 3, kita telah mempelajari tentang Seleksi Kondisi, sekarang, kita akan mempelajari tentang Perulangan(Looping).

yang akan kita bahas pada perulangan kali ini diantaranya dengan : For() dan While()

  • Perulangan adalah sebuah metode yang digunakan untuk meng eksekusi program secara berulang tergantung kondisi yang kita berikan, misalnya perulangan sebanyak 3 x :

“Saya Suka Bahasa C++”

“Saya Suka Bahasa C++”

“Saya Suka Bahasa C++”

A. For

  • Struktur dari perulangan for adalah sbb :

for(inisialisasi;kondisi;perubahan){

statement;

}

  • Keterangan :

inisialisasi —>> Nilai awal dari variabel yang akan di kontrol

Kondisi ——->> Ekspresi yang harus dipenuhi agar dapat keluar dari perulangan

perubahan  —->> perubahan nilai variabel kontrol

  • Contoh :

For(i=0;i<5;i++){

cout<<“saya suka C++ “;

}

  • syntax di atas, akan menghasilkan output sbb :

saya suka C++ saya suka C++ saya suka C++ saya suka C++ saya suka C++

  • Keterangan :

for(i=1;i<5;i++) –> maksudnya, variabel kontrol yang digunakan adalah ‘i’, nilai awal dari i adalah 1, jika i < 5 maka i ditambah 1 hingga kondisi tidak terpenuhi

B.While

Perulangan ini berarti, selama kondisinya benar, maka perulangan akan terus berlangsung, jika salah maka perulangan berhenti

  • struktur :

while(kondisi){

statement;

}

  • Contoh Program :

#include <iostream.h>

main(){
int i=0;    //Variabel kontrol = i di definisikan dengan nilai awal 0
while(i<5){  // Selama i lebih kecil dari 5 (i=0), maka eksekusi program yang ada di –> {}
cout<<“Nama Saya Octav “;
i++;
}
return 0;
}

  • Output :

Nama Saya Octav Nama Saya Octav Nama Saya Octav Nama Saya Octav Nama Saya Octav

C. Latihan Program (Ketikan Syntax di bawah):

  1. joannapingky
    February 6, 2011 at 5:49 am

    Hi octavianopratama, your sharing belajar bahasa c untuk pemula bagian 4 post is really one particular of the most beneficial substance that :-bd.
    Dont forget to visit back my blog (http://downloadmp3indonesia.net/), glad to meet you… Thanks…,Best!!! :)

  2. Rito
    May 4, 2012 at 12:30 am

    Thx. God bless You, Octavianus.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

